Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Urban Management | KNOWLEDGE SHARING

Urban Management

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PER SEMESTER

JUDUL PEMBELAJARAN:
Collaborative and Integrative Student Centered Learning
(CISCEL)
Mata Kuliah:
Manajemen Perkotaan

Oleh:
Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc
Politik dan Manajemen Publik
Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
YOGYAKARTA
2009

Nama Mata Kuliah : Manajemen Perkotaan
Kode MK/SKS : MKJW-20
Prasyarat : SPRI, SPDRI dan Dinamika Politik dan Pemerintahan
Daerah
Status : Wajib
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas perkembangan kota baik dari aspek spasial, manajemen, organisasi, lingkungan dan politik. Pendekatan-pendekatan tersebut diharapkan memberikan gambaran komprehensif tentang kota, terutama bagi mahasiswa ilmu sosial politik. Thema khusus yang mendapat penekanan adalah organisasi pemerintahan kota dan governance kota. Sementara itu aspek-aspek manajemen yang dibahas adalah manajemen lahan, manajemen pelayanan, manajemen lingkungan dan manajemen perencanaan.
B. Tujuan Pembelajaran
Mata kuliah ini Pemerintahan dan Manajemen Perkotaan merupakan mata kuliah wajib pada program studi Ilmu Pemerintahan yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman komprehensif terhadap serangkaian prinsip, variasi paradigma, konsep, dan teori dasar dalam lingkup membahas pemerintahan di kota dan daerah perkotaan serta manajemen perkotaan yang mencakup pelayanan dasar, perumahan dan manajemen lahan serta perencanaan kota dalam kacamata ilmu pemerintahan.
Mata kuliah ini diharapkan memberikan kemampuan intelektual kepada mahasiswa untuk dapat menggunakan konsep dan teori dasar tersebut untuk menganalisa fenomena dan masalah pemerintahan di kota dan daerah perkotaan serta manajemen perkotaan. Hal ini sesuai dengan visi dan misi dari program studi Ilmu Pemerintahan yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas akademik dalam upaya mempersiapkan mahasiswa dan lulusan program studi Ilmu Pemerintahan untuk memiliki kompetensi dalam penguasaan dasar-dasar berpikir ilmiah, mempunyai kemampuan teoritis dan analitis serta memiliki ketrampilan praktis.
Tahapan yang lain dari mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan secara tepat untuk merencanakan penelitiannya yang berkaitan dengan penyusunan skripsi. Setelah lulus mahasiswa diharapkan mampu menerapkan secara tepat dalam pekerjaanya.

C. Materi Pembelajaran
1. Jumlah Jam dan Pembagiannya.
Perkuliahan Manajemen Perkotan direncanakan berlangsung sebanyak 15 kali program kuliah, dengan perincian 12 program rangkaian kuliah, 1 program kegiatan penelitian lapangan dan 2 program untuk evaluasi dan ujian. Rangkaian kuliah yang berjumlah 12 program tersebut terdiri dari 1 kali tatap muka (dosen sebagai pemateri pada awal kuliah) dan 11 kali diskusi kelompok (dosen sebagai fasilitator dan penjaga ritme kelas). Sedangkan 2 program untuk evaluasi dan ujian adalah satu kali ujian sisipan dan satu kali ujian akhir. Adapun pembagian wuktu untuk setiap jenis program pembelajaran dapat dilihat dalam Tabel 1 berikut ini :
Tabel 1
Jadual Kegiatan
Mata Kuliah Manajemen Perkotaan (SPB 316 / 3 SKS)
No. Jenis Program Jml.
Program Keterangan
1. Tatap muka dosen 1 kali 1.

2.

3.

Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian ciri-ciri kota dan desa.
Konsep, teori dan cara analisa manajemen perkotaan.
Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian dan instrumen penelitian secara kelompok berdasarkan tema/ topik yang telah didiskusikan secara kelompok.
2. Belajar Mandiri – Dilakukan di luar jam tatap muka di kelas, yaitu mencari topik dan variabel yang akan diteliti secara kelompok, baik dengan browsing internet, expose mass-media ataupun observasi lapangan
3. Kegiatan penelitian lapangan Minimal 1 Kali atau
Sesuai dengan kecukupan data Melakukan pengumpulan data di lapangan secara kelompok sesuai dengan topik penelitian masing-masing kelompok dan berdasarkan instrumen penelitian yang telah disusun.
4 Praktikum di Lab Komputer 6 kali 1

2 Memberikan ketrampilan praktis membaca peta
Memberikan ketrampilan mendesain kawasan

4. Diskusi kelompok 5 kali 1.

2. Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil penelitian lapangan.
Diskusi ini dilakukan berdasarkan pada laporan penelitian yang telah disusun secara kelompok.
Setiap kali diskusi, ada kelompok yang maju menyampaikan hasil penelitiannya, dan mahasiswa yg lain membahasnya.
5. Evaluasi dan Ujian 2 kali 1. Mengetahui kemampuan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.
2. Mendapatkan masukan dan umpan balik dari mahasiswa
Jumlah 15 kali

2. Cara Pelaksanaan
Metode Collaborative Integrative Student Center Learning (CISCEL) dalam mata kuliah Manajemen Perkotaan Metode yang kemudian ingin kami lakukan ini penulis sebut sebagai : Collaborative and Integrative Student Center Learning (CISCEL).

Diagram 1
Collaborative and Integrative Student Center Learning (CISCEL).

Cara yang digunakan dalam metode ini antara lain :
1. Belajar antar teman
Dalam metode ini Mahasiswa dipacu untuk mampu berbagi pengetahuan dengan sesama (peer) dan pendewasaan emosional.
* Cara :
-. Diskusi kelompok (dibantu pula dengan papan, flowcharts,dll)
-. Mahasiswa masuk dalam kelompok, anggotanya max 5 orang tiap kelompok.
-. Tiap kelompok(presenter) punya tema sendiri (ditentukan sesuai dengan materi kuliah)
-. Tiap orang anggota kelompok yang terjadwal kemudian mempresentasikan dalam kelompok (kelas dibagi 5 orang atau sesuai jumlah anggota kelompok yang presentasi).
* Keunggulan :
-. Mahasiswa memiliki kemampuan retorika, manajemen forum, serta emosional individu maupun kelompok.
-. Mahasiswa memiliki kemampuan menyampaikan argumen, analisa, dan yang terpenting kemampuan untuk saling belajar dan berbagi (Share of knowledge)

2. Multi media Friendly
Dalam metode ini Mahasiswa mampu melakukan, mengoperasikan, dan mempraktekan penggunaan alat peraga atau media.
*Cara :
-. Kelas tersedia alat pembelajaraan. (CD, Viewer, Film, dll)
-. Mahasiswa dalam presentasi hasil diskusi kelompok maupun lapangan diharapkan memakai alat peraga ataupun media pembelajaran yang mendukung lainnya.
-. Dosen membantu menyiapkan pointer, media dan film tentang materi.
*Keunggulan :
-. Mahasiswa dapat mengoperasikan dan memahami peran media dalam pembelajaran materi kuliah.
-. Kelas menjadi lebih hidup serta dinamis yang pada gilirannya penyerapan serta transfer ilmu dapat lebih cepat terwujud.

3. Learning by Problem
Mahasiswa dapat melihat langsung sebuah masalah khusunya dalam manajemen perkotaan dan dapat belajar langsung dari masalah tersebut untuk kemudian mampu melakukan analisa serta solusi. Metode ini dinamakan juga “mini research”, yang bertujuan untuk memperkenalkan masalah-masalah perkotaan kepada mahasiswa.

* Cara :
-. Mahasiswa diajak langsung melihat lokasi pengembangan wilayah, kepadatan penduduk, dan pengelolaan limbah perkotaan (IPAL komunal). Kemudian meraka melakukan mini riset (daftar Tema mini riset dalam lampiran).
*Keunggulan :
-. Mahasiswa dapat langsung melihat sebuah problem
-. Mahasiswa dapat melakukan analisa
-. Cross check ilmu dan teori di praktek

*Cara :
-. Mahasiswa diajak langsung melihat lokasi pengembangan wilayah, kepadatan penduduk, dan atau pengelolaan limbah, misalnya : lembah Code, kecamatan Depok, TPA Piyungan, dll.
-. Tiap mahasiswa individu maupun kelompok melihat, mencatat, dan menganalisa fenomena.
-. Hasil yang dapat kemudian dipresentasikan di depan peserta kuliah.
-. Hasil sebuah analisa atau diskusi bisa dilakukan di dalam ruang maupun di luar ruang yang terpenting kondusif serta mendukung pembelajaran kuliah.
*Keunggulan :
-. Mahasiswa dapat langsung melihat sebuah problemdan bertanya pada masyarakat.
-. Mahasiswa dapat melakukan analisa dari sebuah fenimena yang ada.
-. Cross cek ilmu dan teori dengan praktek

4. IT Friendly
Mahasiswa mampu mengakses, mencari data dari internet.
*Cara :
-. Dosen menyediakan bahan kuliah pada Website kampus.
-. Mahasiswa mencari bahan kuliah dari Website kampus yang disediakan dosen maupun pada website lain
-. Mahasiswa mengumpulkan tugas kuliah lewat website dosen.
*Keunggulan :
-. Mahasiwa mampu mengoperasikan computer dan mengakses internet.
-. Mahasiswa sadar bahwa data sangat mudah dicari serta dapat dianalisa dari pencarian di internet.
Metode tersebut yang kemudian akan dilakukan dalam mata kuliah Manajemen Perkotaan pada semester gasal tahun ajaran 2009-2010 jususan Ilmu Pemerintahan UMY. Metode ini disesuaikan dengan tujuan umum maupun tujuan khusus mata kuliah ini.
3. Outcome pembelajaran.
a. Knowledge and Understanding
1) Mahasiswa mengerti dan memahami prinsip-prinsip, dan prosedur dinamika pemerintahan di perkotaan dan daerah kota.
2) Mahasiswa termotivasi dan mampu mengikuti perkembangan terkini dinamika pemerintahan di perkotaan dan daerah kota dalam kacamata ilmu pemerintahan.
3) Mahasiswa mengerti bidang-bidang penelitian yang dapat dianalisa didalam dinamika pemerintahan di perkotaan dan daerah kota.
b. Intellectual Skills
1) Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai dinamika pemerintahan di perkotaan dan daerah kota.
2) Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan metode yang ada.
c. Practical Skills
1) Riset skills, akan didapatkan mahasiswa melalui kegiatan penelitian di lapangan yang merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran mata kuliah ini.
2) Retorika dan komunikasi skills, mahasiswa akan mendapatkan dalam diskusi yang dilakukan secara kelompok maupun di kelas.
3) Komputer skills, mahasiswa akan mendapatkan dalam melakukan pencaraian data maupun presentasi mengunakan Komputer dan internet.
4) Bahasa Inggris Skills, mahasiswa akan dapat peningkatan kemampuan bahasa Ingris dari tugas serta buku yang dipakai dalam kuliah ini.
d. Managerial Skills and Attitude
1) Mahasiswa dapat mempergunakan untuk mendukung proses pembelajaran ke arah life long learning.
2) Mahasiswa mengalami peningkatan kemampuan dalam melakukan penelitian.
3) Mahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja dalam suatu tim untuk mencapai tujuan tertentu.
4) Mahasiswa mendapatkan pengalaman memimpin suatu diskusi, melakukan presentasi, dan mengemukakan pendapat.

E. Rencana Pembelajaran Mingguan
Perkuliahan Manajemen Perkotan direncanakan berlangsung sebanyak 15 kali program kuliah, dengan perincian 12 program rangkaian kuliah, 1 program kegiatan penelitian lapangan dan 2 program untuk evaluasi dan ujian. Rangkaian kuliah yang berjumlah 12 program tersebut terdiri dari 1 kali tatap muka (dosen sebagai pemateri pada awal kuliah) dan 11 kali diskusi kelompok (dosen sebagai fasilitator dan penjaga ritme kelas). Sedangkan 2 program untuk evaluasi dan ujian adalah satu kali ujian sisipan dan satu kali ujian akhir. Adapun pembagian wuktu untuk setiap jenis program pembelajaran dapat dilihat dalam Tabel 1 berikut ini :
Tabel 1
Jadual Kegiatan
Mata Kuliah Manajemen Perkotaan (SPB 316 / 3 SKS)
No. Jenis Program Jml.
Program Keterangan
1. Tatap muka dosen 1 kali 1.

2.

3.

Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian ciri-ciri kota dan desa.
Konsep, teori dan cara analisa manajemen perkotaan.
Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian dan instrumen penelitian secara kelompok berdasarkan tema/ topik yang telah didiskusikan secara kelompok.
2. Belajar Mandiri – Dilakukan di luar jam tatap muka di kelas, yaitu mencari topik dan variabel yang akan diteliti secara kelompok, baik dengan browsing internet, expose mass-media ataupun observasi lapangan
3. Kegiatan penelitian lapangan Minimal 1 Kali atau
Sesuai dengan kecukupan data Melakukan pengumpulan data di lapangan secara kelompok sesuai dengan topik penelitian masing-masing kelompok dan berdasarkan instrumen penelitian yang telah disusun.
4. Diskusi kelompok 11 kali 1.

2. Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil penelitian lapangan.
Diskusi ini dilakukan berdasarkan pada laporan penelitian yang telah disusun secara kelompok.
Setiap kali diskusi, ada kelompok yang maju menyampaikan hasil penelitiannya, dan mahasiswa yg lain membahasnya.
5. Evaluasi dan Ujian 2 kali 1. Mengetahui kemampuan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.
2. Mendapatkan masukan dan umpan balik dari mahasiswa
Jumlah 15 kali

Tabel 2
Jadual Kegiatan Mingguan
Mata Kuliah Manajemen Perkotaan (SPB 316 / 3 SKS)
Minggu ke Topik Substansi Metode/teknik
Pembelajaran
1 Pengantar Kuliah dan Diskusi 1 Menyampaikan Rencana Program dan Kegiatan Semester 1 Dosen menerangkan dengan alat bantu Laptop dan LCD.
2 Menyampaikan aturan main perkuliahan 2 Tanya jawab antara dosen dan mahasiswa
3 Menyampaikan fungsi dan tugas dosen serta kewajiban mahasiswa
4 Membagi kelas dalam beberapa kelompok sekaligus meminta setiap kelompok untuk menentukan masalah yang akan diteliti dan mempersiapkan penulisan proposal penelitian berdasarkan tema yang telah ditentukan Memakai Role plays game dan ice breaking.
Mahasiswa menyampaikan motivasi dan keinginan mereka masuk mata kuliah ini.

5 Mempersiapkan literatur yang berkaitan dengan Manejemen Perkotaan

2 Penelitian lapangan 1 Sesuai dengan materi dan tema kelompok. 1 Dosen menjadi guide

2 Pembuatan out line penelitian (studi lapangan) 2
Tanya jawab antara mahasiswa dan responden
3 Mahasiswa
mengamati, bertanya pada responden dan mencatat Tema dan tempat penelitian kelompok telah ditentukan sesuai dengan lampiran.

3-4 Diskusi Kelompok
Tema :
Kota dan Urbanisasi
1. Pengertian kota
2. Urbanisasi
3. Faktor-faktor pembentuk urbanisasi 1 Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

5 Diskusi Kelompok
Tema :
Pendekatan dalam mempelajari pemerintahan kota 1 Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Pemerintah kota dan pemerintah di daerah perkotaan
2. Karakter pemerintahan di daerah perkotaan 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampaikan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

6 Diskusi Kelompok
Tema :
Pendekatan dalam mempelajari pemerintahan kota 1 Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Pendekatan politik
2. Pendekatan ekonomi
3. Pendekatan manajerial (Inovasi Pelayanan Adminstrasi) 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

7 Diskusi Kelompok
Tema :
Pendekatan dalam mempelajari pemerintahan kota 1 Mahasiswa mempresen-tasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Pendekatan lingkungan
2. Pendekatan spasial (kerjasama Pemeriuntah dan swasta) 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

8 Ujian Mid 1 Melihat kemampuan mahasiswa dalam pemahaman materi 1 Dosen memutarkan film
Homeless of Brasil
Film Homeless of Brasil
2 Mahasiswa menjawab pertanyaan berdasarkan fenomena yang muncul diFilm tersebut
Masukan dari Mahasiswa Evaluasi dosen dan feed back mahasiswa 3 Mahasiswa melakukan evaluasi pada dosen sesuai dengan daftar pertanyaan survei yang ada

9 Diskusi Kelompok
Tema :
Organisasi pemerintahan kota dan daerah perkotaan 1 Mahasiswa mempresen-tasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Faktor-faktor pembentuk rancangan organisasi
2. Organisasi pemerintah metropolitan
3. Organisasi pemerintah kota di Indonesia 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

10 Diskusi Kelompok
Tema :
Perencanaan perkotaan 1 Mahasiswa mempresen-tasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Pengertian
2. Teori perencanaan dan Aktor-aktornya
3. Community Oriented Policing (COP) 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

11-12 Diskusi Kelompok
Tema :
Manejemen Lahan 1 Mahasiswa mempresen-tasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Ekologi dan pengolahan limbah (Pencemaran sungai, udara)
2. Site and service
3. Evaluasi RUTRK
2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

13-14 Diskusi Kelompok
Tema :
Manajemen pelayanan Kota 1 Mahasiswa mempresen-tasikan hasil penelitian lapangan dalam diskusi kelompok maupun pleno kelas 1 Kelompok menyampaikan hasil penelitiannya, & dosen sebagai Fasilitator. Penggunaan LCD atau OHP dimungkinkan, bila perlu
1. Transportasi public (Transportasi Tranportasi dan lingkungan Jalan dan lalu lintas)
2. Pengendalian Ruang Kota (Law enforcement IMB) 2 Mahasiswa menceritakan pengalaman penelitian 2
Tanya jawab antara mahasiswa (yang presentasi) dengan anggota kelompok dalam diskusinya
3 Mahasiswa menyampai-kan kendala-kendala yg dihadapi 3 Mahasiswa (presenter) mengakomodasi masukan dalam diskusi kelompok kemudian dibawa ke pleno
4 Kelompok menentukan kesimpulan akhir & mendokumentasikannya
5 Dosen memberikan review

15 Ujian Akhir 1. Evaluasi mahasiswa 1 Mahaisswa diberi 5 pertanyaan berkaitan tentang materi kuliah dan penelitian lapangan
Ujian dilakukan dengan ujian Lesan 2. Evaluasi dosen dan feed back mahasiswa 2 Mahasiswa melakukan evaluasi pada dosen sesuai dengan daftar pertanyaan survei yang ada

Tabel 4 . Jadwal dan Tema Praktikum

No Bidang Kajian Pertemuan Tema Lokasi
1 Kelembagaan Pemerintah Kota 1 Inovasi Pelayanan Administrasi
Kerjasama antara Pemerintah dan Swasta Dinas Perijinan Kota Yogyakarta

Terminal Giwangan
2 Lingkungan 2 Pencemaran Sungai

Pencemaran Udara IPAL Komunal di Ngampilan dan Prawirodirjan
Observasi di Jalan Protokol dan lacak dokumen di Biro Lingkungan Hidup serta partisipasi dalam Kongres Internasional Better Air Quality pada Bulan September di Yogyakarta
3 Manajemen Lahan 3 Evaluasi RUTRK Dinas Tata Kota
4 Pengendalian Ruang Kota 4

Law Enforcement IMB Dinas Tata Kota
5 Manajemen Jaringan 5 Community Oriented Policing (COP) PKL Malioboro
6 Transportasi 6 Tranportasi dan lingkungan
Jalan dan lalu lintas
Transportasi publik Bus Kota
Kemacetan Jalan
7 Ekonomi 7 Pariwisata dan Pendidikan bagi ekonomi kota Perpustakaan dan lapangan
8 Analisa aktor marginal 8 Komunikasi dan jaringan antar aktor PKL, Pedagang asongan, Satpol PP dan preman

Masing-masing tema dan judul dikerjakan oleh kelompok mini yang beranggotakan 5 (lima) orang mahasiswa dengan tujuan untuk memperkuat team work dan soliditas kerja. Bilamana jumlah mahasiwa lebih dari itu, dikhawatirkan hanya beberapa orang mahasiswa saja yang aktif. Tema tersebut akan disesuaikan pula dengan pertemuan tiap minggu kuliah atau kelompok presentasi

F. Penilaian : Kriteria, Indikator dan Cara Evaluasi Hasil Pembelajaran
Aspek penilaian yang digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut :
Tabel 3
Aspek Penilaian dalam Proses Pembelajaran
No. Aspek
Penilaian Unsur Penilaian Skor Maksimum Persentase
(%)
1. Pemahaman 1. Kuis 100 10
2. Ujian Sisipan 100 15
3. Ujian akhir 100 20
3. Presentasi Hasil Penelitian 100 10
2. Kreativitas 1. Membuat resume 100 5
2. Keaktifan dalam diskusi 100 10
3. Penguasaan media 100 10
3. Kepemimpinan/ Leadership 1. Ketepatan dalam pengumpulan tugas 100 10
2. Partisipasi di kelas/ kehadiran 100 10
Jumlah 800 100
Evaluasi dilakukan terhadap skor yang diperoleh oleh setiap mahasiswa , dimana nilai akhir ditentukan dengan kriteria sebagai berikut :
Tabel 4
Kriteria Nilai dan indikator
Skore Persentase Nilai
≥ 680 > 85 % A
560 – 679 70% – 85% B
440 – 559 55% – 70% C
320 – 439 40% – 55% D
< 320 < 40% E

Tabel 6
Jadwal kegiatan
No. Uraian Tahap Kegiatan Target Waktu Bulan ke
1 2 3 4 5 6
1. Tahap Persiapan :
a. Mengumpulkan buku-buku referensi ü
b. Memperkenalkan program hibah pengajaran CISEL kepada mahasiswa ü
c. Memperkenalkan desain pembelajaran CISEL ü
2. Tahap Pelaksanaan :
a. Pelaksanaan perkuliahan ü ü ü ü ü
b. Pelaksanaan penelitian ü
c. Monitoring tengah semester ü
d. Umpan balik tengah semester dari mahasiswa ü
e. Monitoring akhir kuliah ü
f. Umpan balik akhir semester dari mahasiswa ü
3. Tahap Penyelesaian :
a. Evaluasi akhir kuliah ü
b. Pembuatan laporan dan presentasi ü

Proses pembelajaran ini berkaitan erat dengan hasil pembelajaran secara keseluruhan Tercapainya target kompetensi menunjukkan bahwa proses pembelajaran kemungkinan telah berjalan dengan baik. Parameter yang dapat digunakan untuk mengukur hasil, antara lain adalah dengan monitoring dan umpan balik (monotoring dan evaluasi dilakukan oleh jurusan maupun umpan balik dari mahasiswa). Sedangkan hasil atau nilai yang diperoleh masing-masing mahasiswa menunjukkan kemampuan mahasiswa selama terjadinya interaksi proses pembelajaran mata kuliah ini.
G. DAFTAR PUSTAKA

1. Alfords, robert, The Administration and Politics of Cities, Sage Publication, London, 1969
2. Atubbs, Jeffry and Clarke, Giles, Megacity Management in the Asian and Pasific Region, ADB manila, 1996
3. Acher, RW, An Outline Urban Land Policy for Developing Countries, HSD Division, Asian Institute of Technology, Bangkok, 1990
4. Yunus, Hadi Sabari, Struktur Tata Ruang Kota, PustakaPelajar, Yogyakarat, 2005
5. Leman, Edward, Urban Management A Primer, UMP-Asia Occasional Paper, No. 3. 1994
6. Nurmandi, Achmad, Manajemen Perkotaan, Aktor, Pengelolaan dan Pemerintahan di Daerah Perkotaan Indonesia, Lab IP –Singergi Publishing, Yogyakarta, 2006.

 

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMY

© 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY