Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Change Management for Public sector | KNOWLEDGE SHARING

Change Management for Public sector

MK Manajemen Perubahan

Identititas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Manajemen Perubahan
Nomor Kode : MK 219
Jumlah SKS : 3
Semester : 7
Kelompok Mata Kuliah : MKKPS
Program studi/Program : Manajemen Pemerintahan
Status mata kuliah : Lanjut/Wajib
Prasyarat : –
Dosen : Dr. Achmad Nurmandi; M.Sc

Tujuan

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengelola organisasi sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan internal maupun eksternal dan global

Deskripsi Isi

Mata kuliah ini membahas tentang organisasi dan perubahannya, terutama Organisasi Publik sesuai dengan fenomena lingkungan yang harus dikelola dengan benar. Dalam upaya mengelola organisasi ini terdapat tiga dimensi yang harus dicermati yaitu ”mengapa orang betrorganisasi (why), ”apa” sesungguhnya esensi dari perubahan (what), dan ”bagaimana sebaiknya perubahan dikelola (how)”.

Pendekatan Umum Pembelajaran

Ekspositori dan Inkuiri

  • Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
  • Tugas : Makalah, penyajian dan diskusi
  • Media : Whiteboard, OHP, Buku Sumber, Alat tulis

Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :

  • Partisipasi kegiatan kelas
  • Pembuatan tugas
  • Kuis, UTS dan UAS

Rincian Materi Perkuliahan

  • Pertemuan 1 : Teori dan konsep organisasi, perkembangan teori dan konsep organisasi, Pentingnya manusia dalam organisasi
  • Pertemuan 2 : Perubahan Lingkungan Organisasi: perubahan pada lingkungan organisasim, kebutuhan penyesuaian dengan lingkungan, beberapa kesalahan dalam praktek birokrasi
  • Pertemuan 3 : Mazhab Perubahan, Jenis/tipe perubahan
  • Pertemuan 4 : Mengenali hukum-hukum perubahan: Lima hukum perubahan: Mengelola Perubahan Organisasi Pemerintah
  • Pertemuan 5 : Knowledge dalam organisasi
  • Pertemuan 6 : Knowledge dalam organisasi
  • Pertemuan 7 : Learning organization : Learning How to Learn and Learning How to Unlearn
  • Pertemuan 8 : UTS
  • Pertemuan 9 : Disiplin belajar : Mental model; Personal Mastery, Team Learning; Shared Vision; System Thinking;Model-model organisasi yang berbasis knowledge (kompetensi
  • Pertemuan 10 : Mengetahui pentingnya pengelolaan perubahan: Terlalu tenggelam dalam keberhasilan, Kegagalan berkoalisi, Meremehkan kekuatan visi, Tuntutan Pengorbanan yang tidak bergaransi
  • Pertemuan 11 : Mengetahui pentingnya pengelolaan perubahan: Membiarkan hambatan menghalangi visi baru, Gagal menciptakan prestasi, Terlalu cepat mengatakan keberhasilan, Perubahan dalam kultur organisasi
  • Pertemuan 12 : Studi kasus: Kota Yogyakarta: Kuliah Tamu Walikota Yogyakarta
  • Pertemuan 13 : Studi kasus
  • Pertemuan 14 : Studi kasus
  • Pertemuan 15 : Studi kasus
  • Pertemuan 16 : UAS

 

Daftar Buku

Argyris, Chris, 1993, Knowledge for Action, A Guide to Overcoming Barriers to Organizational Change, Jossey Bass

————-, 2003, Reasons and Rationalizations, The Limits to Organizational Knowledge, Oxford

Baron-Dorothy Laonard, 1995, Wellsprings of Knowledge, Building and Sustaining the Sources of Inovation, Harvard Business School Press.

Daft, R. L. 1994. Organization Theori and Design. Fourt Edition. Sinagpore: Info Access Distributor Pte. Ltd.

Fonseca, Jose. 2002. Conplexiry and Inovation In Organizations, Routledge Taylor & Francis Group. London and New York.

Lovell, Roger. 1994. Managing Change in The new Public Sector, Longman.

Bovaird, Toni and Elke Loffler. 2003. Public Management and Governance, Routledge Taylor & Francis Group. London and New York.

Senge, Peter M. 1990. The Fifth Discipline: The Art and Practice Of The Learning Organization. Currency Doubleday.New York.

www.undp.com

www.inovationinpublicsector.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMY

© 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY